Pengolahan Tembaga

II.1 Pengolahan Tembaga
Pada pengolahan biji tembaga, pada proses mill  menghasilkan konsentrat tembaga dan emas dari bijih yang ditambang dengan memisahkan mineral berharga dari pengotor yang menutupinya. Langkah-langkah utamanya adalah penghancuran, penggilingan, pengapungan, dan pengeringan. Penghancuran dan penggilingan mengubah besaran bijih menjadi ukuran pasir halus guna membebaskan butiran yang mengandung tembaga dan emas untuk proses pemisahan dan untuk menyiapkan ukuran yang sesuai ke proses selanjutnya. Pengapungan (Flotasi) adalah proses pemisahan yang digunakan untuk menghasilkan konsentrat tembaga-emas. Bubur konsentrat (slurry) yang terdiri dari bijih yang sudah halus (hasil gilingan) dan air dicampur dengan reagen dimasukkan ke dalam serangkaian tangki pengaduk yang disebut dengan sel flotasi, di mana penambahan udara dipompa ke dalamslurry tersebut.

Reagen yang digunakan adalah kapur, pembuih (frother) dan kolektor. Pembuih membentuk gelembung yang stabil, yang mengapung ke permukaan sel flotasi sebagai buih. Reagen kolektor bereaksi dengan permukaan partikel mineral sulfida logam berharga sehingga menjadikan permukaan tersebut bersifat menolak air (hydrophobic). Butir mineral sulfida yang hidrofobik tersebut menempel pada gelembung udara yang terangkat dari zona slurry ke dalam buih yang mengapung di permukaan sel. Buih yang bermuatan mineral berharga tersebut, yang menyerupai buih deterjen metalik, meluap dari bibir atas mesin flotasi kedalam palung (launders) sebagai tempat pengumpulan mineral berharga. Mineral berharga yang terkumpul didalam palung tersebut adalah 'konsentrat'. Konsentrat (dalam bentuk slurry, 65% padat menurut berat) dipompa ke Portsite melalui empat jaringan pipa slurry sepanjang 115 km. Sesampainya di Portsite, konsentrat ini dikeringkan sampai kandungannya hanya 9% air dan kemudian dikapalkan untuk di jual.
Pasir yang tak bernilai dikumpulkan di dasar sel flotasi yang terakhir sebagai limbah yang disebut 'tailing'. Tailing akhir ini disalurkan menuju suatu sistem pembuangan alami yang mengalir dari Mill menuju Daerah Pengendapan Ajkwa yang diModifikasi (ModADA)
konsentrat yang dihasilkan biasanya berkadar Cu 20-30% tergantung dari bijih dan proses flotasinya sedangkan ikutannya untuk Emas sekitar 10-30 gpt dan Perak sekitar 30-70 gpt tergantung kadar logam tersebut dalam bijih. Namun yang bisa dipastikan untuk bijih dengan kadar bijih >0,5 % maka recovery Cu bisa 85-90% sedangkan Emas dan Perak hanya mengikuti saja sekitar 75% dan 65%, semakin tinggi recovery Cu maka semakin tinggi juga recovery Au dan Ag.
Bagi perusahaan yang mempunyai proses peleburan langsung maka konsentrat yang didapatkan bisa dilebur langsung, namun bagi perusahaan yang tidak mempunyai fasilitas peleburan biasanya konsentrat dijual dengan harga Internasional dan recovery (diskon) pasar (tergantung negosiasi juga). Ada beberapa proses yang ada di dunia ini untuk teknologi peleburan secara continous, salah satunya adalah Mitsubishi Process yang ada di PT. Smelting Gresik. Teknologi lain adalah Flash Smelter dan Flash Conventer dari Outotek (Outocumpu). Apapun teknologi yang digunakan, namun yang pasti adalah proses yang diambil adalah proses oksidasi:
2CuS + 3O2 = 2CuO + 2SO2
CuO + Flux = Cu + Slag
SO2 + H2O + ½ O2 = H2SO4
Tentu saja bukan hanya itu reaksi yang terjadi, banyak mineral lain yang bereaksi namun intinya tetap sama. Jika dilihat dari reaksi yang kemungkinan tejadi, maka sesungguhnya tidak ada yang terbuang dari proses peleburan konsentrat tembaga ini. Gas yang dihasilkan bisa ditangkap untuk dijadikan asam sulfat (H2SO4) untuk dijual ke Pabrik Pupuk, Slag yang dihasilkan bisa dijadikan campuran semen dan dijual ke Pabrik Semen, Energi yang dihasilkan dari reaksi exotherm ini digunakan untuk PLTU guna memenuhi kebutuhan proses lebih lanjut. Sungguh tepat PT. Smelting didirikan di Gresik, dekat dengan PT. Petrokimia dan PT. Semen Gresik. Selain semua itu, masih juga dihasilkan Anode Slime yang mempunyai kandungan Au, Ag dan logam jarang dengan kadar yang cukup tinggi. Jadi perbedaan teknologi yang ada adalah mengenai efisiensi yang dihasilkan saja. Perhatikan bagan peleburan tembaga berikut :
Copper Anode yang dihasilkan masih harus dilakukan electrorefining agar Tembaga yang dihasilkan menjadi murni. Proses electrorefining mirip dengan electrolisa hanya saja menjadikan logam campuran sebagai Anoda dan didapatkan logam murni di Katoda, sehingga setelah dilakukan electrorefining dan peleburan lanjut didapatkan Copper Cathode. Sedangkan sisa yang ada di anoda disebut dengan “Anode Slime”.
Sampai saat ini belum ada pengolahan Anode Slime di Indonesia dengan Recovery >99,2% sehingga anode slime yang dihasilkan oleh PT. Smelting pun saat ini masih dimurnikan (dijual) ke luar negeri. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengambil Au, Ag dan logam jarang yaitu jalur hidrometalurgi dan jalur paduan piro-hidrometalurgi. Mudah-mudahan ke depan Indonesia mempunyai dan bisa mengolah dari bijih hingga dihasilkan logam murni baik Cu, Au, Ag, Pd, Se dll. 
Share this article :
 

+ comments + 29 comments

12 Desember 2012 pukul 21.51

saya tertarik untuk membeli copper concentrate, copper matte dari anda
bisahkah anda mengirim no telpon atau alamat email anda pada saya di frageserlanggapungus@yahoo.co.id

saya butuh respons yang cepat dari anda

12 Desember 2012 pukul 21.52

saya tertarik ingin membeli copper concentrate, copper matte dari anda
bisahkah anda mengirim contact person yang bisa dihubungi pada alamat email saya frageserlanggapungus@yahoo.co.id

saya butuh respons yang cepat dari anda.
Tq

26 Februari 2013 pukul 10.44

Mudah mudahan ini bermanfaat,.
kami bisa memproduksi alat atau mesin pengolahan Limbah Cu / batu Malachit Chalcopyrite menjadi lempengan tembaga murni kadar diatas 99 %.saat ini kami ada kendala di bahan baku,jadi bisa memproduksi tembaga sebatas jika ada pemesanan saja.dan bagi yang membutuhkan alat/mesin bisa email ke alamat derick.photowork@gmail.com.

26 Februari 2013 pukul 10.50

Semoga ini akan menjaji saling memberi manfaat..
Kami bisa menyediakan/memproduksi alat atau mesin pengolahan limbah Cu / batu Malachit Chalcopyrite menjadi lempengan tembaga Murni dengan kadar diatas 99%.
Sementara ini kami cuma bisa memproduksi tembaga saat ada yang memesan saja..Dan jika ada yang membutuhkan alat / mesin pengolahan bisa hubungi kami di alamat email :
derick.photowork@gmail.com

26 Februari 2013 pukul 10.51

Bagi yg membutuhkan alat pengolahan tembaga bisa hubungi kami..

26 Februari 2013 pukul 11.00

kami punya alat / mesin pengolahan tembaga..

26 Februari 2013 pukul 11.19

Siap mesin ada dan barangkali bisa saling memberi manfaat..
kami kebetulan memprodusi alat / mesin pengolahan limbah Cu / Batu Malachit Chalcopyrite yang tidak memakan terlalu banyak tempat dan secara elektonik bukan pembakaran atau peleburan sehingga menghasilkan lempengan Tembaga Murni setebal 0,5 mm,dengan kadar diatas 99%.Sejauh ini kami cuma bisa memproduksi sebatas jika ada pemesanan saja dikarenakan kendala untuk penyediaan bahan baku.Jadi jika ada yang membutuhkan alat/mesin bisa email ke alamat ;
derick.photowork@gmail.com

1 April 2013 pukul 08.30

gimana caranya pemisahan emas murni dari logam campuran perhiasan (cincin, kalung, dll..)

1 April 2013 pukul 08.31

gimana cara pemisahan emas murni dari logam campuran perhiasan (cincin, kalung, dll....)

hallo .. p derik , sy tertarik klo anda sdh biasa olah batuan cu, tinggal dimana ya . hub saya di emailku : rusdirich@yahoo.com
tks.

20 Juni 2013 pukul 11.50

Hubungi saya di No Hp 087823444447 - 081221701345

20 Juni 2013 pukul 11.53

Hubungi saya di No Hp 087823444447 - 081221701345

20 Juni 2013 pukul 15.54

Hubungi saya untuk yg membutuhkan Mesin pengolahan tembaga Electrowining,.
087823444447 - 081221701345

zaenal
27 Oktober 2013 pukul 22.42

saya ingin tahu spesifikasi mesin anda,gambar serta harga...atau mungkin bisa di sewa...kirim ke azaenal574@yahoo.com makasih

zaenal
27 Oktober 2013 pukul 22.45

boleh berbagi ilmu ni....saya punya lahan yang mengandung bijih tembaga

24 Desember 2013 pukul 06.52

Kira" cara apa yang efisien untuk mendapatkan consentrate tembaga berkadar rendah ya?

Marzuki
14 Februari 2014 pukul 20.11

Smt siang Pak Derik F darussalam , boleh kirim ke saya Photo Mesin Pengolahan Batuan CU nya , serta harga nya

Marzuki
14 Februari 2014 pukul 20.13

Pak Derik ,, Saya tertarik dgn Penawaran Anda ,, untuk Mesin Pengolah Batuan CU nya , boleh kirim saya Photo dan Harga nya , ke alamat email saya ,, linktronics@yahoo.co.id , serta lampirkan Spesifikasi nya , trims

22 Februari 2014 pukul 18.52

pak marzuki.. diatas sudah ada dikasih nomor pak derik
mungkin bisa langsung dihubungin via telpon
terimakasih

Mesin pengolahan tidak ada yang spesifik atau diluar dari biasanya, cuman crusher utk menghancurkan, blender grezi utk menghaluskan sampai 200 mesh agar menjadi bubur,...setelah itu lakukan perendaman bak atau flotasi yang dicampur dengan bahan kimia tertentu,....maka dapat diambil lempengan tembaganya yang menempel di plat,...kemudian di campur lagi dengan bahan kimia tertentu maka akan mengendap unsur emas dan logam lainnya,...hasilnya sdh sangat ekonomis,....biaya mesinya tergantung kita mau kapasitas berapa ton per hari,...demikian sekedar info.

8 Oktober 2014 pukul 22.38

Electrowinning memang bisa digunakan untuk ekstraksi logam ( tomah, tembaga, seng, merkuri, besi, emas, perak) dari batuan. Tapi dalam aplikasi bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan. dari 20 pemakai electrowinning hanya 1 yang bertahan, sisanya bangkrut menyisakan mesin rongsokan senila ratusan juta. penguasaan yang tidak menyeluruh akan fungsi kerja elektrowinning dan kimia yang dipakai mengakibatkan kerugian karena produk yang didapat tidak sebanding dengan biaya, bahkan tidak bisa menutupi konsumsi listrik, apalagi untuk biaya2 lain. potensi kerugian berasal dari kadar batuan yg tidak sesuai dg yg kita bayar, larutan yang dipakai hanya H2SO4 saja (karena keterbatasan pengetahuan) sehingga hasil tembaganya minim sementara konsumsi listrik besar. semoga bermanfaat sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan

20 Oktober 2014 pukul 18.21

Dijual Electrowinning, menerima ampere sesuai pesanan, minat hubungi 0812 3344 0404 atau kunjungi http://belitembaga.blogspot.com/

14 Februari 2015 pukul 17.50

yang butuh chemical collector SIPX,PAX,SIBX,SEX,Dithiophosphate,Dithionocarbamate, modified Collector, Frother : pine oil, MIBC, Depresant : starch,modified depresant bisa hubungi saya : 082122233130 insan.halim@gmail.com

24 Desember 2015 pukul 12.06

No HP Baru 082216165234 bagi yang berminat mengolah Cu,Ag,Au dan lain-lain,.Electrowinning untuk semua unsur logam terutama logam Mulya buat yang berencana mengolah material tambang di awal tahun 2016 ini,.

24 Desember 2015 pukul 12.11

Untuk Au,Ag dan Cu hubungi ke 082216165234

3 Januari 2016 pukul 04.33

lokasinya dimana?

12 Agustus 2016 pukul 21.51

Pak frages kami ada konsentrat tembaga, masih bisa menerima ? Hub sy di no 082125388825 dgn idris dr padang, Sumatera barat.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Miner Sriwijaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger